PROFIL

PROFIL KUA

TETAP JALIN SILATURRAHMI MESKI PANDEMI

HALAL BIHALAL VIRTUAL DAN PELEPASAN PURNA TUGAS KASI PENAIS KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN REMBANG



Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Rembang Drs.H. Atho’illah, M.Pd.I, Rabu (27/5), mengikuti halal bi halal virtual bersama Kasubbag TU  H. Mukson M.Pd.I dan seluruh jajarannya di Ruang aula Kemenag Kab.Rembang. Acara tersebut digelar  dalam rangka Halal bihalal sekaligus Pelepasan purna tugas Ibu Hj.Rofiatun, S.Ag.

Video Conference Halal Bihalal yang juga melibatkan para Kasi,Gara dan pimpinan Madrasah,KUA serta seluruh ASN di lingkungan Kemenag Kab. Rembang itu memang tampak berbeda dengan penyelenggaraan Syawalan di tahun-tahun sebelumnya.

"Mungkin selama ini belum pernah terbesit di dalam pikiran kita, bahwa tahun iki kita akan melaksanakan tradisi halal bi halal melalui video conference", ujar Kepala Kantor, Atho’illah menegaskan bahwa kenyataannya memang demikian.

"Inilah tantangan hidup. Inilah pola hidup yang saat ini perlu disesuaikan. New Normal ,Harus mulai  beradaptasi. karena itu kita perlu menyikapi pola hidup baru ini agar tetap bisa survive" ujarnya.


Kakanmenag mengatakan bahwa di kondisi pandemi saat ini, fokus Kemenag Rembang ada pada bidang Pelayanan dengan mengedepankan protokol kesehatan. Disamping itu Kemenag juga telah berupaya sebaik mungkin dalam penanganan Covid-19 di Kab. Rembang sebagai bagian dari gugus tugas penanganan Covid 19 di Kab. Rembang.

"Ke depan kita tetap berjalan tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan. Tetapi kita tidak perlu takut, ", imbuhnya. Di sisi lain, Kakanmenag menyampaikan apresiasi tinggi atas keaktifan dan kerja keras para jajaran Kemenag  Kabupaten Rembang dalam melakukan penggalangan dana untuk membantu pihak-pihak yang terdampak Covid-19 di Kab. Rembang.


Lihat Juga : Protap New Normal Layanan KUA Sarang I

Dalam halal bi halal melalui video conference tersebut, Kepala Kantor juga mengajak semua ASN agar bersama - sama bisa menguatkan kembali ikatan silaturrahmi dan saling mendukung kegiatan Kementerian Agama dalam rangka mewujudkan kemenag yang lebih baik di masa yang akan datang.

"Inilah yang menjadi daya tahan kita. Bicara tentang kesehatan tentu sangat penting, namun yang tidak kalah penting ialah bagaimana menggiatkan kembali kegiatan kantor", jelasnya. Oleh sebab itu, seluruh pihak di Kemenag Rembang harus siap memasuki tatanan kehidupan yang baru. “Kita harus menyusun  program strategis agar layanan masyarakat khususnya di Kementerian Agama tetap  berjalan normal dengan mengacu pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19, tandasnya. Dijelaskannya juga menyongsong New Normal, kita harus melakukan sejumlah penyesuaian dalam beraktifitas di  kantor khususnya unit dan satuan kerja kita di bawah, seperti KUA, Madrasah, Pondok Pesantren dan lainnya.

Kakanmenag menyampaikan, tugas besar justru ada di unit kerja seperti Madrasah, KUA ataupun pondok pesantren. “Di bidang madrasah dan Pondok Pesantren, misalnya, kita berkewajiban mengenalkan new normal kepada para  siswa dan orangtuanya,” jelasnya. Ia berpesan agar ke depan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan, yaitu dengan konsisten menggunakan masker dan cuci tangan.

Mengakhiri sambutannya, Kakanmenag Kab. Rembang tak lupa menghaturkan permohonan maaf lahir dan bathin  kepada seluruh Jajarannya, beliau Berpesan agar tetap jaga kesehatan dan tetap semangat dalam bekerja.(S/kua)